8 Ide Untuk Habiskan Waktu Selama #DiRumahAja

Umra.id, Jakarta – Penyebaran coronavirus yang menyebabkan penyakit Covid-19 yang saat ini melanda dunia memang mengkhawatirkan. Makanya, penting banget semua orang melakukan social distancing dengan isolasi diri #dirumahaja selama setidaknya 2 minggu ke depan, demi membantu menghentikan penyebaran coronavirus.

Walau sekarang sudah diberlakukan New Normal, tapi apa salahnya bagi kamu yang tidak memiliki kepentingan yang mendesak untuk keluar rumah, agar tetap dirumah aja untuk sama-sama meminimalisir penyebaran COVID-19.

Sebenarnya, #dirumahaja ini bisa menjadi kesempatan bagus untuk kamu melakukan banyak hal yang biasanya mungkin gak bisa kamu lakukan karena alasan kesibukan. Karena itu kami membuat daftar setidaknya 8 hal yang bisa kamu lakukan selama isolasi #dirumahaja. Apa aja?

1. Selesaikan Semua Tugas!

Kamu mungkin bukannya libur selama 2 minggu masa isolasi #dirumahaja, tetapi work from home atau study from home. Kalau iya, jangan lupa kalau kamu harus mengerjakan semua pekerjaan rumahmu ya! Ingat, tetap profesional dan lakukan semua kewajiban kamu walau gak perlu ke kantor atau kampus.

2. Bersih-Bersih Rumah

Udah gak ada alasan lagi untuk gak beresin isi lemari yang berantakan. Atau nyapu sudut-sudut kamar dan rumah yang penuh debu. Oh, meja rias juga jangan lupa diberesin ya!

Udah dibersihin semua? Kalo gitu saatnya nyapu halaman pagi-pagi atau sore. Lumayan banget untuk menghirup udara segar karena seharian penuh di rumah aja!

3. Menonton Semua Serial dan Film Numpuk di My List

Buat kamu yang punya akun Netflix, Viu, Amazon Prime, atau platform streaming lainnya, masa isolasi #dirumahaja ini adalah saatnya untuk menghabiskan semua film yang udah dimasukin dalam My List! 

4. Baca Buku

Tentu aja buku di sini gak terbatas sama buku teks aja – kamu juga bisa menghabiskan dengan baca buku komik kalau memang itu yang kamu suka. Apalagi kalau ternyata masih banyak banget buku yang belum kamu baca di rak kamu. Siapa tau ada buku dari 3-4 tahun yang lalu yang bahkan bungkus plastiknya aja belum dibuka!

5. Belajar Masak

Mumpung #dirumahaja, kenapa gak coba berbagai kegiatan yang bisa kamu pelajari di rumah? Misalnya memasak. Kamu misalnya bisa mulai dengan mencoba berbagai resep yang ada di internet, atau kalau mau yang lebih serius, bisa coba belajar langsung dari Chef Juna di cooking class-nya.

6. Video Call dengan Teman-Teman atau Keluarga

Jangan lupa tetap berkomunikasi dengan orang-orang terdekat walau lagi isolasi #dirumahaja selama 2 minggu ke depan! Video call adalah cara terbaik untuk meringankan rasa kangen kamu dengan keluarga atau teman-teman. Kalau perlu, bikin video call ramai-ramai biar makin seru.

7. Cari Uang Tambahan Secara Online

Di era digital kayak sekarang, ada banyak cara sebetulnya untuk menambah penghasilan. Dari jualan online, baik itu jualan barang-barang buatan sendiri atau jadi dropshipper, sampai ngerjain tugas-tugas yang bisa dilakuin secara online misalnya jadi penerjemah. Lumayan hasilnya bisa kamu tabung untuk liburan atau untuk kebutuhan lainnya!

8. Ambil Kuliah Online untuk Dapat Ilmu Baru

Tahukah kamu kalau jauh sebelum tren kuliah online dilakuin mahasiswa Indonesia saat ini karena wabah coronavirus, kuliah online sebetulnya udah ada? Ya. Kamu bahkan bisa ambil gelar master secara online kalau kamu mau, atau sekadar ikut berbagai kelas online untuk mendapatkan sertifikat yang diakui secara internasional.

Beberapa penyedia kuliah online kayak edX atau Coursera bahkan udah bekerja sama dengan berbagai universitas di seluruh dunia untuk menyediakan kuliah online untuk gelar sarjana atau bahkan master.