Cegah Penyebaran Virus, Berikut Cara Mudah Bersihkan Rumah

Umra.id, Jakarta – Penyebaran virus corona di seluruh dunia semakin meluas. Hingga Rabu (18/3/2020) pagi, sebanyak 152 negera telah mengonfirmasi terjangkit virus corona, yang awalnya diketahui menyebar di Kota Wuhan, China tersebut. Melansir Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), ada beberapa cara untuk mencegah penyebaran virus corona di rumah apabila ada yang sakit. Berikut ulasannya:

Sebagai bagian dari tindakan pencegahan sehari-hari, kamu harus membersihkan dan mendisinfeksi permukaan benda yang sering disentuh. Semisal meja, alat dapur, sakelar lampu, gagang pintu, dan gagang laci.

  1. Bersihkan permukaan menggunakan sabun dan air. Lakukan pembersihan rutin terhadap permukaan yang sering disentuh. Jangan lupa pakailah sarung tangan sekali pakai saat hendak membersihkan.
  2. Bersihkan kuman dengan disinfektan. Gunakan larutan pemutih rumah tangga encer sesuai dengan takaran. Periksa untuk memastikan produk tidak melewati tanggal kedaluarsa. Banyak produk merekomendasikan untuk menjaga permukaan tetap basah selama beberapa menit untuk memastikan kuman terbunuh.
  3. Gunakan sabun dan air untuk bersihkan permukaan lunak seperti lantai berkarpet, permadani, dan tirai.
  4. Bersihkan pakaian, handuk, linen (bahan yang terbuat dari serat tumbuhan rami), dan barang-barang lainnya dengan cara mencucinya.
  5. Sering-seringlah membersihkan tangan dengan sabun dan air selama 20 detik. Selalu cuci segera setelah melepas sarung tangan dan setelah kontak dengan orang yang sakit.
  6. Sediakan tempat sampah khusus bagi orang sakit. Gunakan sarung tangan saat mengeluarkan kantong sampah, dan penanganan serta pembuangan sampah. Cuci tangan sesudahnya.