Ini 5 Menu Khas Buka Puasa Di Masjid Nabawi

Umra.id, Jakarta – Menjalani bulan Ramadhan di Mekkah merupakan kenikmatan tersendiri. Dengan atmosfer Islami yang kental dapat membantu Anda untuk rajin beribadah, lalu tradisi buka puasa di Masjid Nabawi pun tak kalah menarik dan cukup unik.

Setiap tahunnya, warga Madinah berlomba-lomba memberikan takjil dan makanan buka puasa sebagai bentuk amal ibadah selama bulan suci Ramadhan. Tak heran, mengapa mereka menggelar alas plastik sepanjang 15 meter dengan membentuk shaf di dalam dan pelataran masjid Nabawi.

Kemudian 30 menit sebelum buka puasa makanan sudah siap dihidangkan Tentunya, hal ini menjadi daya tarik tersendiri karena bisa menikmati berbuka puasa bersama di Masjid nabawi. Kira-kira menu makanan seperti apa yang disediakan ketika berbuka puasa di Masjid Nabawi? Simak penjelasan di bawah ini!

  1. Air Zamzam

Minuman yang satu ini menjadi suguhan wajib saat berbuka puasa bersama di Masjid Nabawi. Sekitar 20 ribu galon air zamzam tersedia secara cuma-cuma untuk para jamaah, maka dari itu agar tetap kondusif dan berjalan lancar panitia sudah menuangkan air zamzam ke dalam gelas kertas atau botol plastik.

2.  Laban dan Roti Manis

Perpaduan kedua makanan ini tepat dikonsumsi ketika buka puasa di Masjid Nabawi. Makanan sumber energi untuk membuat tubuh mampu menjalani shalat Tarawih dengan lancar. Laban merupakan yogurt Arab yang terbuat dari susu sapi atau domba, kemudian difermentasi.

Cara terbaik untuk menikmati Laban adalah dicocol dengan roti tamis khas Arab atau buah pisang. Dijamin, akan menjadi menu pembuka yang menyegarkan dan cukup mengenyangkan.

3.  Duqqah

Sekilas mirip bumbu pecel, namun Duqqah memiliki rasa yang jauh berbeda. Bahan-bahan pada makanan ini adalah kacang-kacangan, biji-bijian, dan rempah-rempah khas Arab, lalu ditumbuk menjadi satu, sehingga memiliki nutrisi baik bagi kesehatan tubuh.

Dengan begitu, sangat tepat dikonsumsi saat berbuka puasa guna mengisi energi agar beribadah lebih baik lagi. Terkadang, Duqqah dihidangkan bersamaan oleh Laban dan roti sebagai tamburan atau saus yang dicelupkan roti.

4.  Nasi Mandhi

Nasi Mandhi memiliki cita rasa terbaik, cocok disantap saat buka puasa. Dengan perpaduan lauk pauk daging ayam atau domba bakar membuat siapa saja yang melihatnya menjadi berselera.

Menyajikan nasi mandhi sudah jadi kebiasaan di Arab, akan tetapi diharuskan berbagi dengan keluarga, kerabat terdekat, atau setidaknya orang yang duduk di hadapan Anda.  Soalnya porsi makanan yang satu ini cukup besar.

5.  Jus Buah atau Susu Segar

Untuk menambah kesegaran buka puasa di Masjid Nabawi, petugas menyediakan jus buah dan susu segar untuk para jamaah. Biasanya kedua menu ini disediakan bergantian, tidak dalam satu hari yang sama. Demikianlah menu-menu spesial yang disajikan ketika berbuka puasa di Masjid Nabawi. Semoga Anda diberikan rezeki untuk pergi ke tempat suci Mekkah.