Kegiatan Berbeda Di 6 Negara Yang Biasa Dilakukan Tuk Sambut Idul Adha

Umra.id, Jakarta – Umat muslim di Indonesia akan merayakan hari raya Idul adha sebentar lagi. Selain perayaan idul adha di Indonesia, penasaran gak apa yang dilakukan umat muslim di berbagai negara lain saat hari raya idul adha? Yuk, simak hasil rangkuman kami.

1. Uni Emirat Arab

Bukan hanya saat lebaran saja, masyarakat UEA juga akan memakai baju baru saat hari raya idul adha. Para perempuannya juga akan menghias tangan menggunakan henna, memakai parfum, juga mengecat rambut.Orang-orang di sana juga menyediakan makanan manis, buah kurma, kopi, dan teh untuk menjamu para tamu yang datang ke rumah.Hmm seperti hari raya idul fitri saja bukan?

2. China

Walaupun umat muslim di China terbilang minoritas, mereka biasanya memaknai hari raya Idul Adha dengan meliburkan diri selama empat hari penuh. Libur tersebut mereka isi dengan kegiatan membaca Alquran, shalawatan, juga bersilaturahmi dengan kerabat sesama muslim.Sehari sebelum hari raya mereka juga mengadakan masak bersama. Makanan itu dikhususkan untuk berbuka puasa bersama. Suka cita berlanjut dengan melaksanakan takbiran hari raya idul adha bersama-sama dengan suka cita.

3. Indonesia

Ada berbagai macam perayaan unik menyambut hari raya Idul Adha di Indonesia. Salah satunya adalah takbiran keliling kampung sambil bershalawat. Ada pula tradisi unik seperti di Sampangan, Semarang. Masyarakat di sana menggelar tradisi apitan, dengan membuat gunungan berisi bahan-bahan makanan. Bahan-bahan makanan, seperti tomat, cabai hingga padi. Perayaan tersebut bertujuan untuk menyalurkan rasa terima kasih kepada sang maha pencipta atas ramah dan rezeki yang diberikan.

4. Maroko

Berbeda dengan di Arab dan Indonesia, perayaan Idul Adha di Maroko cenderung sepi. Itu karena masyarakatknya lebih memfokuskan diri untuk beribadah selama libur tiga hari yang mereka dapatkan.

5. Inggris

Umat muslim di Inggris akan menyambut hari raya idul Adha dengan menyiapkan makanan yang gurih-gurih. Karena tradisi tersebut, orang Inggris kerap menyebut Idul Adha dengan ‘Savory Ied‘ atau ‘Ied Gurih’.

6. Bangladesh

Di Bangladesh, tradisi khasnya adalah pulang ke kampung halaman. Berbeda dengan kebanyakan negara lain yang mudiknya saat idul fitri kan?Bagaimana, apa kamu berminat merayakan Idul adha di negara tersebut?