Sudah New Normal, Tetap Jaga Diri Dari Virus Corona Dengan Tips Berikut

Umra.id, Jakarta – Wabah Corona terus menjadi pusat perhatian dunia. Setelah ditemukan banyaknya kasus dan korban yang meninggal, semua orang mulai fokus memperbaharui informasinya tentang Corona. Berbagai macam cara dilakukan untuk meminimalisir masuknya virus Corona.

Kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah untuk mengurangi dampak virus Corona sejauh ini ada dua. Misalnya Rapid Test Covid-19 massal, seperti yang baru saja diputuskan oleh Presiden Joko Widodo. Bisa juga dengan alternatif lain seperti melakukan lockdown, atau disebut juga isolasi diri.

Bagi orang yang mungkin melakukan kontak secara langsung dengan penderita Corona, mungkin bisa langsung ditangani petugas medis khusus. Namun bagaimana dengan orang-orang yang mengalami gejala serupa, namun tidak pernah berinteraksi langsung dengan orang positif Corona?

Alih-alih cemas dengan pikiran apakah kamu positif Corona atau tidak, lebih baik kamu melakukan langkah preventif semaksimal mungkin. Dilansir dari huffpost.com, beberapa dokter telah membantu mencari tahu bagaimana menangani kasus seperti ini, dan apa yang perlu dilakukan pasca sembuh. Berikut rangkumkan untuk kamu:

1. Membatasi aktivitas di ruang publik, dan melakukan segala aktivitas di dalam rumah sampai kondisi mulai normal. Ini juga bisa menjadi kesempatan untuk beristirahat. Bila kamu memang harus keluar, tetap berhati-hati dan jangan lupa memakai masker dan membawa hand sanitizer.

2. Minumlah yang cukup untuk mencegah dehidrasi. Kamu juga bisa minum minuman yang mengandung elektrolit seperti Gatorade atau Pedialyte. Aneka jus juga diperbolehkan, intinya adalah untuk mencegah diri agar tidak dehidrasi.

3. Makan dengan teratur dan mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran, makanan yang kaya vitamin dan nutrisi, dan beberapa karbohidrat. Kamu bisa membeli beberapa persediaan makanan tersebut selama mengisolasikan diri. Yang terpenting adalah tidak menimbun makanan secara berlebihan.

4. Menyediakan perlengkapan medis seperti obat-obatan dan atau termometer. “Sediakan Tylenol untuk menurunkan demam Anda,” saran Jake Deutsch, seorang dokter sekaligus founder situs kesehatan Cure Urgent Care berbasis di Amerika Serikat. Selain itu suplemen vitamin juga sangat diperlukan untuk menjaga imun tetap kebal. Bagi kamu yang mungkin penderita asma atau penyakit lain bisa mengonsumsi obat yang sudah diresepkan oleh dokter.

5. Menerapkan pola hidup sehat berkelanjutan. Pola hidup sehat yang dimaksud adalah menjaga kebersihan tempat tinggal seperti menyemprotkan disinfektan pada perabot rumah tangga. Penting juga menjaga kebersihan diri seperti selalu mencuci tangan dan istirahat yang cukup.

6. Memantau kondisi tubuh kamu secara rutin. Masa inkubasi dari virus Corona kurang lebih selama 14 hari. Apabila kamu masih merasa sakit setelah 14 hari, segera menghubungi pihak terkait untuk mengambil langkah selanjutnya.