Tau Gak Sih, Umrah Ramadhan Punya Pahala Sama Dengan Haji Lho!

Umra.id, Jakarta – Bicara tentang trend atau bisa dibilang tradisi di kalangan masyarakat, yaitu umrah ramadhan dimana umat Islam di Indonesia berbondong-bondong pergi umrah karena mereka yakin bahwa Umrah di bulan Ramadhan sama dengan melakukan haji.

Sebenarnya menurut para ulama bahwasanya hadits tersebut hanya semata menegaskan tentang keutamaan melakukan umrah di bulan Ramadhan bagi umat Islam. Yaitu bahwa Umroh tersebut  menyamai ibadah Haji. Namun masih menurut para ulama, maksud dari menyamai ibadah haji di sini adalah dalam hal pahala saja, bukan dalam segalanya.perbandingannya seperti satu gelas air susu dan satu gelas air putih sama ukurannya namun beda kadarnya, begitulah antara Umroh Ramadhan dan ibadah Haji, Sebab dari sisi hukum, meskipun seseorang telah melakukan umrah di bulan Ramadhan, tetap hal itu tidak bisa menggantikan ibadah haji yang belum dia kerjakan. Sehingga manakala seseorang belum berhaji, namun sudah berumrah di bulan Ramadhan, kewajiban haji tetap harus ia lakukan saat dia diberikan kemampuan rezeki, keamanan dan kesehatan

Selanjutnya terkait dengan waktunya, Umrah Ramadhan tersebut mencakup seluruh hari didalam bulan Ramadhan. Yakni bisa dilakukan di awal, di pertengahan, atau di akhir Ramadhan. Tentu saja, sepuluh hari terakhir berikut malamnya merupakan waktu terbaik. Para ulama menyebutkan sebuah kaidah, “Amal-amal kebaikan bisa berlipat ganda nilainya jika dilakukan pada waktu dan tempat yang mulia dan istimewa.”

Barangkali karena hadist inilah yang membuat umat Islam di tanah air berbondong bondong mendaftarkan diri mereka agar bisa berangkat ke tanah suci pada bulan Ramadhan, mengingat hausnya mereka terhadap pahala tidak bisa di penuhi dengan apapun diatas dunia ini. Akan tetapi ada hal yang harus di perhatikan yaitu keikhlasan dan niat mencari kerdhoaan Allah harus berada di setiap perjalanan ritual tersebut.