Tetap Jaga Kesehatan Mental Di Tengah Pandemik Virus Corona

Umra.id, Jakarta – Wabah virus corona memang sukses membuat masyarakat panik. Seperti yang sering diberitakan, dengan jumlah pasien dan angka kematian yang terus meningkat, tentunya rasa takut dan khawatir semakin menghantui. Tak heran kondisi ini membuat kecemasan pada setiap masyarakat. Untuk itu Psikolog Lisa Damour pun membagikan tips agar kesehatan batin tetap terjaga selama wabah corona. Melansir dari situs New York Times, berikut adalah empat langkah diantaranya.

Membekali diri dengan informasi yang benar

Rasa takut sering kali muncul akibat kita hanya menerima berita-berita bohong dan yang belum tentu benar. Untuk itu, penting bagi masyarakat agar selalu membekali diri dengan informasi yang valid dan dapat dipertanggungjawabkan. Misalnya, dari laman perintah dan surat kabar resmi. “Dengan informasi yang tidak simpang siur, kita pun akan semakin yakin bahwa penyakit ini bisa dicegah dan diatasi,” katanya.

Membuat distraksi

Bagi Anda yang malas menyempatkan diri untuk membaca informasi benar, ada baiknya jika Anda langsung membuat distraksi saja. Lakukan hal-hal yang membuat Anda senang seperti menjalankan hobi. “Karena otak kita dibagi menjadi dua kategori, apa yang bisa dikerjakan dan tidak. Coba perbaiki suasana hati dengan melakukan apa yang bisa, contohnya berkebun atau bermain musik untuk mengalihkan pikiran dari yang tidak bisa dikerjakan itu,” katanya.

Bergabung dalam grup bermain

Di sela social distancing, aktivitas kita di dalam rumah mungkin terbatas dan justru menyebabkan stres. Untuk mengatasinya, coba bergabung dengan grup bermain. Misalnya anak muda dapat mengikuti aplikasi Tik Tok dan membuat video unik terkait kesehatan tangan. “Tapi pastikan Anda membatasi waktu di depan layar karena bisa mengganggu kesehatan mata,” katanya.

Fokuslah pada diri sendiri

Pernahkah Anda ingin belajar tentang suatu hal baru? Misalnya keahlian memasak atau menjahit? Sekarang saatnya untuk melakukan itu. Berfokuslah pada diri sendiri dan mulai kerjakan hal-hal produktif guna menjadi kesehatan mental Anda. “Saya pribadi telah membuat daftar semua buku yang ingin saya baca dan hal-hal yang ingin saya lakukan,” katanya.